Pengertian Kutub Pertumbuhan Secara Fungsional & Geografis

April 21, 2012
By

Kutub pertumbuhan dapat ditafsirkan dalam dua pengertian, yaitu secara fungsional dan secara geografis. Penafsiran secara fungsional menggambarkan kutub pertumbuhan itu sebagai suatu kelompok perusahaan, cabang industri, atau unsur-unsur dinamik yang meningkatkan kehidupan ekonomi.

Dalam hal ini tidak terikat pada daerah geografis, yang penting adalah adanya permulaan dari serangkaian perkembangan dengan dampak pertumbuhan sesungguhnya, lebih banyak merupakan daya tarik, yang mengundang berbagai kegiatan tertarik menempatkan usahanya di suatu tempat tanpa adanya interaksi atau keterkaitan antara usaha-usaha tersebut.

Hal ini tidak berarti bahwa kutub pertumbuhan secara fungsional tidak mempunyai pengaruh atau akibat terhadap perkembangan geografis. Karena kegiatan-kegiatan ekonomi itu berkembang di suatu tempat (tata ruang), maka perkembangannya menyangkut pula aspek geografis.

Perroux sesungguhnya belum memberikan perhatian yang mendasar mengenai dimensi tata ruang; ia lebih menekankan penelaahan tentang gejala aglomerasi pertumbuhan secara territorial.

 

 

 

 

 

 
Photobucket

0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Tags: , , , , , , , , , , ,